Sosialisasi Jabatan Fungsioanal Pustakawan

SEMARANG - Kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan yang diselenggarakan 22 Juni 2022 di Hotel Quest Semarang. Dihadiri para Pustakawan dari Kabupaten/Kota, Narasumber Pusat dari Perpusnas RI dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. 

Dengan diterbitkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil sehingga terdapat beberapa personil Pustakawan baru. Pustakawan baru baik melalui pengangkatan pertama, pindahan dari jabatan lain, penyesuaian/inpassing, maupun promosi, perlu mendapatkan pemahaman tentang jabatan Pustakawan. Hal ini sebagai upaya awal guna memberikan pemahaman kepada para Pustakawan baru agar lebih berupaya secara profesional melaksanakan tugas.


Pada sisi lain, pustakawan harus terus meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. Jabatan fungsional secara administrasi sedikit berbeda dengan jabatan fungsional umum, dimana didalamnya terdapat penilaian kinerja melalui Penilaian Angka Kredit (PAK). PAK menjadi salah satu tolak ukur bagi para Pustakawan dalam menjalankan tugas secara profesional. Hal ini menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan, sebagai bagian informasi oleh Lembaga Pembina Pustakawan dalam hal ini Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Perpusnas juga memfasilitasi para pustakawan dalam menyusun DUPAK melalui Sistem Informsi Managemen DUPAK Terpadu (SIMADU). Dalam hal ini pula SIMADU menjadi salah satu bahan dalam kegiatan ini, yang sudah barang tentu menjadi rujukan penting bagi para Pustakawan dalam mendukung kerja.


Kegiatan Sosilaisasi Jabatan Fungsional Pustakawan yang dilaksanakan diharapkan mampu memberikan penguatan sekaligus profesionalisme Pustakawan sekaligus kapasitas kelembagaan khususnya di Lingkungan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten/Kota. Pada sisi yang lain, kegiatan ini diharapkan berdampak pada peningkatan layanan Perpustakaan secara profesional
sebagai lembaga publik.

Share this Post


Berita ini bermanfaat?