Peringati Hari Pahlawan, Dinas Arpus Jawa Tengah meresmikan Pameran Arsip Virtual

Memperingati momen hari Pahlawan tanggal 10 November, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki khazanah arsip statis tekstual, arsip foto, arsip film, arsip kartografi dsb, dari berbagai lembaga di Jawa Tengah menyelenggarakan Pameran Kearsipan Virtual  bekerjasama dengan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.
Pameran dengan tema ”Arsip Perjuangan Merebut dan Mempertahankan Kemerdekaan di Jawa Tengah bertujuan untuk memasyarakatkan arsip sebagai sumber informasi dan rekam jejak sejarah bangsa. Pameran kearsipan virtual selain menyikapi kondisi masa pandemi covid-19, juga menjawab kebutuhan para milenial yang lebih tertarik menikmati informasi dalam bentuk digital. Pameran kearsipan virtual tentang sejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan diharapkan akan menggugah semangat kepahlawanan dan nasionalisme para generasi muda milenial dalam mengisi kemerdekaan.
Kepala Dinas Arpus Prov. Jateng menyampaikan Pameran Kearsipan Virtual se Jawa Tengah merupakan bentuk inovasi dan strategi baru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam memanfaatkan arsip sebagai sumber pengetahuan sejarah secara virtual. Hal ini merupakan cara lebih mudah dan efektif dalam mensosialisasikan khazanah arsip kepada masyarakat.
Pameran Kearsipan Virtual berlangsung nonstop selama 24 jam mulai tanggal 10 sampai dengan 30 November 2020 melalui pintu utama web Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan alamat  https://arpusda.jatengprov.go.id, yang dilink-kan dengan web masing-masing kabupaten/kota. Pameran diikuti oleh 31 Lembaga Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yaitu: Kabupaten Purworejo, Rembang, Cilacap, Kebumen, Boyolali, Klaten, Purbalingga, Magelang, Brebes, Demak, Pati, Jepara, Temanggung, Wonogiri, Blora, Kendal, Karanganyar, Semarang, Banyumas, Grobogan,  Banjarnegara, Wonosobo, Sragen, Pemalang, Batang, Pekalongan, dan Kota Magelang, Semarang, Salatiga, Surakarta, Pekalongan.
Stan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menampilkan sosok pahlawan pejuang emansipasi wanita R.A. Kartini, Jendral Gatot Subroto yang pernah menjabat Wakasad, Pangsar Jendral Soedirman, Jendral A. Yani, Brigjend Slamet Riyadi, dan film dokumenter.
Stand Kabupaten, diantaranya Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Magelang menampilkan arsip foto periode pra kemerdekaan tentang perjuangan Pangeran Diponegoro, dan periode pasca kemerdekaan tentang perjuangan rakyat Magelang; Naskah Sumber Arsip, video Profil Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang serta program unggulan Kabupaten Magelang Penamas.
Indikator keberhasilan Pameran Virtual ini adalah banyaknya masyarakat dari berbagai kalangan yang mengunjungi web pameran.  Ke depan Pameran Kearsipan Virtual diharapkan bisa lebih menampilkan konten-konten baru tentang arsip sebagai sumber informasi yang menambah ilmu pengetahuan bagi para pelajar untuk lebih mengenal sejarah bangsa.
Pameran memberikan penghargaan kepada 3 (tiga) peserta dengan konten terbaik, dan 1 (satu) stand terfavorit yang paling banyak dikunjungi berupa trophy dan piagam kepala Dinas.

Share this Post


Berita ini bermanfaat?