Kedepankan Layanan Penyelamatan Arsip Masyarakat

Semarang - Komitmen dalam pengelolaan arsip dan perpustakaan bagi setiap pemerintah daerah sangat penting dilakukan. Hal ini ditandai dengan adanya Rakorwil I Kearsipan Dan Perpustakaan Tahun 2020. Rakor ini dihadiri oleh Kepala Dinas Arpus Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah yang diadakan di Cilacap pada 5-6 Februari 2020. Dalam pengarahan Kadinas Arpus Prijo Anggoro BR, menyampaikan bahwa pengelolaan arsip itu penting. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan sebuah inovasi yang bernama Arsip Emas. Setiap masyarakat Jawa Tengah dapat memanfaatkan fasilitas ini secara Gratis. Masyarakat hanya cukup mendownload aplikasi Arsip Emas di Google Play Store. 

Dunia saat ini menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan digitalisasi, AI, IoT, serta Big Data sehingga memiliki urusan kearsipan dan perpustakaan harus beradaptasi sehingga tidak terlindas perubahan zaman. Tidak hanya itu, dalam urusan perpustakaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki iJateng yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat di Jawa Tengah yang jauh dari perpustakaan dapat membaca buku melalui aplikasi iJateng. Semua fasilitas yang pemerintah sediakan seperti Arsip Emas dan Ijateng dapat digunakan secara Gratis.

Selain adanya aplikasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tahun 2020 ini memiliki program Ranting Mas. Program ini merupakan bentuk layanan masyarakat dimana kami akan melakukan restorasi / perbaikan arsip penting masyarakat yang terdampak bencana. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam penyelamatan arsip yang terdampak bencana.

Share this Post