Jateng Bertekad Meraih Prestasi Pustakawan Terbaik Nasional

SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah mencari para pustakawan berprestasi yang nantinya akan menjadi wakil Jateng dalam ajang pemilihan pustakawan berprestasi tingkat nasional. Ajang  tersebut dilaksanakan melalui 3 tahap proses yakni tes kognitif, presentasi karya ilmiah  dan  tes wawancara selama sehari pada tanggal  12 Agustus 2020 di Lantai 4 Gedung A Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Juri Lomba pada ajang kali ini Bapak Itmamudin, SS, MIP  selaku Ketua Pengurus Daerah IPI Jawa Tengah, Ibu Sapta Hermawati, SH, MM dan Ibu Dra. Tri Wahyu Harimurti, M.Si dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Para peserta yang mendaftar yakni ada 30 orang terdiri dari Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota, Perpustakaan Sekolah  dan Pustakawan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.

Seleksi tes kognitif akan menentukan peserta untuk maju ke tahap presentasi karya ilmiah  dan  tes wawancara, hanya 10 orang peserta yang diambil pada tahap ini,  tahap terakhir ini yang akan menentukan 6 besar nantinya. Setelah melalui berbagai tahapan dan penilaian, dewan juri menetapkan pemenang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020

Berdasarkan Berita Acara Penilaian Nomor : 041/4901 tanggal 12 Agustus 2020  Tentang Penilaian Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 diputuskan sebagai Juara 1 Atin Istiarni, MIP (Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang) dengan nilai 438,5 judul karya ilmiah Traditional Costumes As Libararian Uniform For Work At Public Libraries Of Yogyakarta, Indonesia, juara 2 M. Farid Rohmawantika, S.Sos (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora ) dengan nilai 432 judul karya ilmiah (Strategi Empowermen Literasi Masyarakat) Strtaetgi Inovasi Normal Baru Melalui Pengembangan System Kepustakawanan Dalam Pola Transformasi Layanan Berbasis Inklusi Sosial Dan Management Kelas  (Kelompok Literasi) Masyarakat Guna Terbentuk Citra Perpustakaan Sebagai Tempat Belajar Sepanjang Hayat, juara 3 Ifonila Yenianti, S.Pdi, S.IPI dengan nilai 415 judul karya ilmiah Transformasi Pustakawan Dan Layanan Perpustakaan, juara harapan 1 Diana Nugraheni,S.Sos (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah) dengan nilai 409 judul karya ilmiah Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Layanan Disabilitas Pada Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosisal Menuju Kualitas Hidup Manusia Yang Sejahtera, juara harapan 2 Budi Setiyono, S.IP (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Cilacap ) dengan nilai 408 judul karya ilmiah Wujud Nyata Pustakawan Berkaya Berbasis Inklusi Sosial Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 dan Tatanan Normal baru, juara harapan 3 Elalia Tri Muryanti (Perpustakaan SMAN 3  Salatiga) dengan nilai 403 judul karya ilmiah Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Lombok Terasi Di SMAN 3 Salatiga. Para pemenang berhak mendapatkan sertifikat penghargaan, trophy serta uang pembinaan.

Salah satu peserta perwakilan dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang, Atin Istiarni, MIP mengatakan, pelaksanaan ajang ini bagus, mekanismenya fear, komposisi juri sudah pas, untuk kedepannya bisa ditambah akademisi atau pegiat literasi. “Saya berharap, melalui ajang ini teman-teman pustakawan yang dari instansi dinas perpustakaan provinsi maupun kab/kota dapat lebih aktif dan berinovasi lagi serta semoga pimpinan perpustakaan dapat mendorong pustakawannya untuk dapat berkarya lebih banyak lagi, sehingga di nasional dapat betul-betul mewakili wajah Jawa Tengah. Besar harapan saya pustakawan-pustakawan  baik  dari perpustakaan dinas, sekolah, umum, khusus,  perguruan tinggi dapat berinovasi dan berkarya dengan lebih variatif serta komunikasi antar pustakawan dapat terjalin dengan baik”, katanya.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, yang mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah untuk membuka dan menutup acara tersebut, Bapak Drs. Adib Suharto, SIP, MM menyatakan melalui ajang Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 ini diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme, kompetensi, motivasi, inovasi dan etos kerja para pustakawan. “Untuk Juara I akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional. Semoga Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 di tingkat nasional nanti dapat meraih yang terbaik”, tuturnya.

Dengan begitu berharap, dalam ajang lomba  pustakawan berprestasi ini merupakan  salah satu sarana  apresisasi untuk pengembangan para pustakawan agar memiliki kemampuan skill, khususnya di bidang kepustakawanan sehingga dapat meningkatkan profesionalisme yang diselenggarakan setiap tahun. ( I’id Abror - Pustakawan Dinas Arpus Prov)

Share this Post


Berita ini bermanfaat?