Tentang Wisata Arsip

wisata-arsip

Wisata Arsip adalah salah satu layanan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya layanan, diharapkan masyarakat lebih memahami berbagai hal dokumentasi sejarah yang menarik.

Adapun hal-hal berkaitan dengan wisata arsip adalah sebagai berikut.

  1. Paket wisata arsip memerlukan waktu lebih kurang 90 menit.
  2. Sebagai sarana pelancongan dan nostalgia, bernuansa kesejarahan dan kelampauan melalui pemutaran kemasan DVD arsip berdurasi 30 menit.
  3. Ruang office theatre merupakan ruangan pemutaran DVD arsip tentang khazanah arsip yang tersimpan di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, dapat menampung + 40 orang pengunjung dilengkapi fasilitas sound system dolby stereo surround dan proyektor kwalitas DVD.
  4. Memasuki perkantoran Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, pengunjung akan disuguhi berbagai arsip foto masa lampau bernuansa tempo dulu guna menggugah rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai sebuah bangsa.
  5. Paket wisata arsip akan diakhiri pada kunjungan ke depo penyimpanan arsip statis, guna mengetahui cara pemeliharaan dan pelestarian arsip-arsip yang tersimpan


Informasi Peresmian Wisata Arsip

Semarang, CyberNews. Guna mendorong berkembangnya paradigma baru terhadap arsip yang selama ini masih dikesampingkan, Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan program baru bernama Wisata Arsip. Peresmian dilakukan Sekretaris Daerah Jateng Mardjijono di gedung baru Badan Arsip, Kamis (24/8).

Gedung empat lantai itu diharapkan bisa memberikan nuansa lain terhadap Dunia Pariwisata yang telah ada. Wisata arsip itu dilengkapi office theatre dengan kapasitas 40 tempat duduk. Dalam kesempatan itu, tamu undangan berkesempatan menyaksikan penayangan film terbentuknya Provinsi Jateng sejak awal kemerdekaan hingga kini. Pengunjung juga bisa menyaksikan koleksi arsip-arsip masa lampau dan dokumen-dokumen penting yang masih tersimpan rapidi depo.

"Selama ini kita masih berpikiran dan beranggapan bahwa arsip adalah sesuatu yang tidak begitu penting dan tidak perlu dikelola secara baik, tapi dalam hati kecil kita jujur berucap bahwa arsip itu ternyata sangat penting," kata Mardjijono.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang dimiliki Badan Arsip sudah sesuai dengan standard yang berlaku di Dunia Internasional. Selain itu diharapkan pula pengembangan wisata wrsip dan usaha-usaha pendukungnya akan membuka kesempatan penggalian PAD, sehingga wisata arsip dapat memberikan nuansa lain terhadap dunia pariwisata yang telah ada.

Dijelaskannya, agar pencanangan wisata arsip itu dapat benar-benar memberikan nilai lebih kepada masyarakat, dirinya berharap agar Badan Arsip Daerah Provinsi Jateng memikirkan kelangsungan dari wisata arsip dengan meningkatkan promosi secara terpadu dan berkelanjutan.

"Langkah efektif yang harus dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah dari SD sampai dengan perguruan tinggi, mengingat wisata arsip merupakan refleksi kesejarahan," tuturnya.

Kepala Badan Arsip Daerah Jateng Dra Rosiana Sahli menyatakan seiring kemampuan dan kecanggihan teknologi dan daya pikir masyarakat menuntut suatu administrasi birokrasi yang transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. Pihaknya menyadari bahwa tanggung jawab yang diemban tidak kecil karena harus menyelamatkan semua informasi yang terekam dalam arsip yang tersimpan.

"Kami bangga dengan infrastruktur yang ada dan tersedia dan juga terhadap keberhasilan penyelamatan serta pengelolaan arsip selama ini, namun rasa bangga kami tidak cukup kalau hanya kami sendiri yang menikmati. Keberhasilan kami tidak ada artinya kalau tidak berdampak pada instansi dan masyarakat pada umumnya," tuturnya. Dijelaskannya, wisata arsip merupakan wahana bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi masa lampau melalui tayangan-tayangan arsip.

Kunjungan Web

5289593
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggi akhir
Bulan ini
Akhir bulan
Total
235
3447
3682
5084343
143753
174872
5289593

IP: 54.157.81.13
2017-10-23 03:52
Dikelola Oleh Tim IT Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Kantor: Jl. Dr. Setiabudi 201C, Srondol Semarang.
Email: admin@arpusda.jatengprov.go.id. Telp. (024) 7473800, 747346,7474170, Fax: (024) 7473800, 747346,7474170