Piagam Penghargaan

sertifikatlkd 2013

Piagam Penghargaan LKD teladan 2013

Mengaplikasi Docman Joomla untuk Sistem Perpustakaan Digital

 Membangun sistem layanan perpustakaan digital merupakan cita-cita banyak perpustakaan.  Namun kebanyakan perpustakaan terbentur dengan masalah dana dan/atau ketersediaan SDM yang mumpuni dalam bidang TI (teknologi informasi). Kebanyakan perpustakaan beranggapan bahwa untuk membangun sistem layanan perpustakaan digital diperlukan dana yang besar dan dituntut kemampuan SDM yang tinggi.  Ternyata kini anggapan itu tidak selalu benar. Dahulu memang untuk membangun sistem layanan digital diperlukan dana dan kemampuan SDM yang tinggi.  Karena saat itu tidak tersedia banyak aplikasi yang murah, mudah didapatkan dan digunakan.  Namun kini sudah tersedia banyak aplikasi perpustakaan digital yang dapat digunakan dengan mudah oleh SDM perpustakaan yang tidak terlalu tinggi kemampuan TInya.  Bahkan banyak dari aplikasi tersebut dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.  Demikian pula dengan ketersediaan server untuk hosting data dan sistem di internet.

Dahulu untuk mendapatkan suatu nama domain dan untuk menitipkan data di server berbayar, memang diperlukan dana yang cukup besar.  Tetapi sekarang hal itu tidak terjadi lagi. Kini kita sangat mudah memperoleh nama domain sesuai dengan kebutuhan dengan harga murah, dengan catatan nama domain yang kita perlukan itu masih tersedia, atau belum ada orang lain yang menggunakan nama domain tersebut. Memang dari dulu tersedia tempat hosting gratis, namun umumnya pada layanan hosting gratis itu biasanya tidak tersedia fasilitas atau fitur memadai untuk menempatkan sistem layanan perpustakaan digital yang sesungguhnya.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan sistem layanan perpustakaan digital secara sederhana adalah suatu sistem atau cara agar pengguna perpustakaan dapat mencari dokumen berikut informasi lengkapnya (baik berupa teks, gambar, video, atau informasi lengkap dalam format lainnya) secara online, dan dapat menampilkan dokumen itu untuk dibaca, dicetak atau diunduh sesuai dengan aturan yang berlaku.

Joomla CMS

Salah satu aplikasi yang kini dapat digunakan dengan mudah dan murah (bahkan gratis!) untuk membangun sistem layanan perpustakaan digital adalah Joomla CMS. Joomla adalah salah satu CMS (Content Management System) yang bukan saja dapat diperoleh dengan mudah di internet, bahkan Anda tidak perlu membelinya alias gratis!  Selain itu Joomla sangat mudah digunakan dan banyak sekali orang yang mengetahuinya serta banyak buku panduannya dijual di toko-toko buku.

Joomla termasuk kelompok aplikasi yang disebut FOSS (Free Open Source Software), yaitu suatu kelompok program komputer (software) yang dapat secara bebas dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Kebanyakan software dalam kelompok ini dapat diperoleh secara mudah dan gratis melalui internet. Tidak seperti kebanyakan program komputer yang digunakan perpustakaan di Indonesia, Joomla memang bukan aplikasi yang khusus dirancang untuk perpustakaan.  Namun ada komponen tertentu yang juga umumnya termasuk kategori FOSS dapat dipadukan dalam Joomla sehingga dapat digunakan misalnya untuk keperluan sistem otomasi perpustakaan dan perpustakaan digital.

Ada keuntungan menggunakan software jenis ini di perpustakaan (yaitu Joomla dengan komponen khusus yang dapat digunakan untuk sistem otomasi di perpustakaan)  dibandingkan dengan jenis software yang memang dirancang untuk perpustakaan.  Keuntungannya adalah karena akan banyak orang diluar bidang perpustakaan yang mengetahui sistem ini, sehingga perpustakaan yang menggunakannya dapat memperoleh banyak bantuan dari tenaga TI dari luar perpustakaan yang mengetahui teknologi Joomla.  Berbeda halnya jika menggunakan software yang dirancang khusus untuk perpustakaan.  Software seperti ini sering tidak banyak diketahui oleh SDM TI dari luar perpustakaan.  Sehingga tidak jarang perpustakaan menemui kesulitan mendapatkan bantuan dari SDM TI dari luar bidang perpustakaan jika menghadapi kendala dalam menggunakan software yang dimaksud.

Kelebihan lain Joomla adalah karena aplikasi ini dapat digunakan untuk membangun website.  Bahkan pada saat diinstal langsung terbentuk suatu website standar  yang sudah lengkap dan sudah memenuhi kebutuhan minimal untuk suatu website, yang juga langsung siap untuk  dimodifikasi.  Lain dari pada itu, tersedia banyak addons (ekstensi berupa modules, component, template, atau mambot) untuk menambah fitur-fitur pada Joomla standar yang dibutuhkan untuk keperluan khusus, dan (sekali lagi) ekstensi seperti ini banyak yang gratis!

Salah satu component yang dapat digunakan untuk menambah Joomla standar dengan fitur layanan perpustakaan digital adalah Component DOCMAN (alias Document Manager).  DOCMAN yang keberadaannya sesungguhnya sudah lama adalah salah satu FOSS (Free Open Source Software) yang dapat digunakan untuk mengelola dan menayangkan dokumen digital via internet sehingga dapat ditelusur  berdasarkan berbagai kriteria untuk kemudian dokumen tersebut dapat diunduh (download).

Beberapa keuntungan menggunakan DOCMAN sebagai sistem perpustakaan digital:
- jumlah kategori dan subkategori yang dapat dibuat tidak terbatas;
- dokumen dapat diatur sedemikian rupa agar dokumen itu hanya dapat diakses oleh pengakses tertentu atau kelompok pengakses tertentu;
- ada konter penghitung  dokumen yang diakses berdasarkan pengakses, IP address, tanggal dan jam akses;
- dokumen dapat ditelusur berdasarkan nama atau deskripsi dokumen;
- ada fasilitas "anti-leech system" yang berguna untuk menghalangi pengakses mengetahui hubungan (link) langsung dengan dokumen;
- proteksi terhadap path, sehingga path sesungguhnya terhadap dokumen tidak ditampilkan;
- ada beragam tema tampilan yang dapat dipilih;
- terdapat beberapa addons resmi yaitu:
- DOCLINK, suatu plugin yang memungkin kita memasukkan link ke
dokumen menggunakan dialog popup;
- DOCMAN SEARCH, mambot yang menyediakan fitur pencarian;
- mod_docman_catdown,  menunjukkan dokumen dari suatu kategori tertentu;
- mod_docman_latestdown, menunjukkan dokumen yang terakhir ditambahkan;
- mod_docman_lister, menunjukkan daftar dokumen yang paling populer;
- mod_docman_mostdown, menunjukkan dokumen yang paling banyak diunduh.

DOCMAN versi 1.4.0 untuk Sistem Layanan Perpustakaan Digital

Untuk membuat sistem perpustakan digital dengan Joomla, Anda memerlukan Component Joomla yang bernama DOCMAN yang dapat diunduh dari internet secara gratis.  Untuk mendapatkannya telusur saja dari Google dengan kata kunci misalnya  "Joomla Component DocMan download" atau Anda dapat langsung saja mengunduhnya dari http://www.joomlatools.eu/products/docman/downloads/.

Setelah mendapatkan filenya dan berhasil menginstal Joomla, login sebagai administrator. Lalu masuk ke menu Installers >> Component seperti pada gambar berikut:

Kemudian browse dan instal Component DOCMAN yang sudah didapatkan seperti berikut:

Lanjutkan proses instalasi sehingga muncul tampilan seperti berikut:

Disarankan untuk menginstal juga contoh datanya (Add Sample Data).  Setelah selesai instalasi component DOCMAN, akan muncul tampilan menu utama Back-End DOCMAN berikut.

Menjalankan Component DOCMAN

Untuk menggunakan DOCMAN pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membuat kategori.  Kategori adalah nama-nama untuk pengelompokan dokumen digital yang akan dilayankan.  Misalnya Buku Umum, Referensi, Artikel, Tugas Mahasiswa, Koleksi Fiksi dsb. 
Untuk itu masuk ke menu Component>>Docman>>Categories seperti gambar berikut:

Lalu buat beberapa kategori baru sesuai dengan kebutuhan.  Jangan lupa aktifkan (publish) kategori yang telah dibuat tersebut.

Selanjutnya Anda perlu membuat menu di Front End agar pengguna mudah mengakses component DOCMAN dari halaman awal website. Klik Menu>>Main Menu di Back-End:   Lalu klik NEW, sehingga muncul tampilan berikut:

Kemudian buat nama menu tersebut, misalnya Dokumen Digital.

Lakukan modifikasi seperlunya, misalnya menonaktifkan menu yang tidak diperlukan  dan terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia nama menu-menunya.

Agar lebih mudah digunakan, instal dan aktifkan component bahasa Indonesia yang juga sudah tersedia gratis.  Component ini bisanya disediakan dalam CD jika membeli buku Joomla.

Untuk menyesuaikan kebutuhan lokal usahakan juga mengedit atau menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia message yang berbahasa Inggris dari component DOCMAN.  Nama berkasnya ENGLISH dan berada dalam folder C:\XAMPP\HTDOCS\DIGILIB\ COMPONENTS\COM_DOCMAN\THEMES\DEFAULT\LANGUAGE\.

Lanjutkan sekalian dengan mengedit konten dari website yang sudah terbentuk, misalnya konten Berita Terakhir (Latest News), Berita Hangat (News Flash), dan lain lain. Jangan lupa juga mengedit gambar tampilan di halaman awal website dan menyesuaikan dengan keinginan.

Untuk mengedit berita di website yang sudah dibuat, Anda harus masuk ke menu CONTENT>> CONTENT BY SECTION>>NEWS>>NEWS ITEMS seperti berikut.  Isikan kotak-kotak sesuai kebutuhan:

Upload Dokumen Digital

Kini saatnya Anda mengupload dokumen digital.  Masuk ke menu COMPONENT>> DOCMAN>>FILES.  Upload berkas dari komputer.  Pilih salah satu cara upload dari tiga pilihan, yaitu: Upload a file from your computer, transfer a file from another server to this server, atau link a file from another server to this server.

Browse berkas dokumen digital yang mau diupload. Ingat bahwa format berkas yang diupload harus sesuai dengan  setting jenis format berkas yang dapat diupload.  Lihat bagian Configuration dari Component DOCMAN ini.

Kini berkas dokumen digital sudah terupload. Jangan lupa untuk memberi keterangan dan mengaktifkan dokumen digital yang sudah diupload: Termasuk keterangan tentang hak akses dan lisensi terhadap dokumen ini.

Simpan (Save) setelah semua parameter selesai diatur.

Artikel yang sudah diupload perlu dipublish dan diapprove agar dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Kini semua tahapan telah dilalui.  Dokumen digital sudah dapat diakses melalui menu Front-End di halaman awal Website Anda.  Selamat!

Menu Awal Joomla dengan Component DOCMAN sudah Terpasang

Berikut adalah menu Awal Perpustakaan Digital dengan Joomla dengan sedikit perubahan tampilan:

Setelah Dokumen Digital diklik, muncul tampilan berikut:

Perhatikan untuk contoh diatas, baru satu artikel yang sudah diupload yaitu yang berkategori Artikel.  Sedangkan kategori Fiksi, Tugas Akhir Mahasiswa, Referensi dan Buku Umum belum ada isinya. Ada artikel lain yaitu contoh dari Joomla yang sudah tersedia saat diinstal.

Dokumen digital yang dibutuhkan dapat dibrowse satu per satu sesuai dengan kategorinya atau dapat pula ditelusur melalui tombol CARI.

Kalau dokumen dibrowse per kategori, tampilannya seperti berikut:

Kalau dicari berdasarkan kategori, tampilannya seperti berikut:

Hasilnya lengkapnya seperti berikut:

Kalau dokumen yang ditemukan diklik, muncul tampilan seperti berikut:

Dokumen yang ditemukan bisa disimpan atau langsung dibuka dengan program yang sesuai. Misalnya dokumen dengan format PDF (Portable Document Format) akan dibuka dengan program Acrobat Reader jika tersedia di komputer yang digunakan.

Setelah sekian lama dan Anda sudah mulai bosan dengan tampilan website Anda,  dengan mudah Anda dapat mengubah-ubah tampilan website menggunakan beragam template Joomla yang banyak tersedia gratis di internet.  Kalau mau membelinya juga bisa, karena tentu kalau template berbayar akan lebih bagus tampilannya.  Perhatikan contoh kecil dari ratusan tampilan Joomla yang gratis berikut ini. Cara menginstalnya pun sangat mudah.

 

Nama Domain dan Server untuk Hosting Data dan Program

Kini Anda sudah punya website perpustakaan dengan fitur  sistem layanan perpustakaan digital.  Namun sistem tersebut masih diakses secara stand-alone atau maksimal hanya diakses dalam jaringan lokal  melalui fasilitas intranet di tempat Anda mencoba Joomla. Persoalan selanjutnya adalah bagaimana menayangkannya agar bisa diakses orang melalui internet.  Untuk itu Anda perlu membeli nama domain dan mendaftar/menyewa server di perusahaan hosting. Ada beberapa perusahaan yang menyewakan server (hosting) sekaligus dapat membantu mengadakan nama domain dengan harga yang tidak terlalu mahal.  Lokasinya pun di Indonesia, jadi kalau ada kesulitan dapat menelpon mereka untuk berkonsultasi mencari solusi dari kendala yang dihadapi.  Beberapa website perusahaan seperti itu yang boleh dicoba dikunjungi untuk melihat informasinya adalah:

www.superinhost.com,
www.techscape.com
www.rumahweb.com

Dalam website perusahaan hosting itu terdapat informasi tentang harga nama domain, cara mendapatkannya serta biaya sewa server (hosting) per bulan atau per tahun.

Dengan membeli nama domain seharga Rp. 90.000,- dan sewa hosting mulia dari Rp. 50.000,-per tahun (saat tulisan ini dibuat), rasanya semua perpustakaan dapat menjangkaunya.  Perusahaan itu biasanya sudah menyediakan fasilitas kontrol panel (misalnya cpanel) bagi Anda untuk mengupload dan mengelola seluruh berkas ke website Anda, plus bonus alamat e-mail sesuai dengan nama website Anda! Bagus kan!  Misalnya nama website Anda adalah www.digilibku.com, maka Anda dapat membuat alamat e-mail seperti ini: Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya , dsb.

Memang banyak juga tempat hosting gratis dalam dan luar negeri, tetapi seperti alasan yang sudah saya tuliskan sebelumnya, saya tidak menganjurkan Anda menggunakan jasa hosting gratis, karena kan sudah ada jasa hosting berbayar yang murah dan terjangkau. Kecuali kalau perpustakaan Anda memang tidak sanggup menyediakan dana Rp. 140.000,- per tahun!  Kalau begitu ceriteranya, tidak usah bekerja di perpustakaan seperti itu, keluar saja!  Selamat mencoba. (oleh B. Mustafa disadur dari Visi Pustaka - Vol.11 No.1 - April 2009

Tulis Komentar Anda


Security code
Refresh