Dinas Arpus


Revitalisasi Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial

26 APRIL 2019 ANDREAS UTAMA 362



SemarangDinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Seminar, serta Pengukuhan Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pustakawan Indonesia  (IPI) Jawa Tengah Periode 2018-2021 oleh Ketua Pengurus Pusat (PP) IPI di Hotel Noormans, Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan Pengurus Daerah Ikatan pustakawan indonesia di Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah, Pustakawan dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan, Pustakawan Perguruan Tinggi, Pustakawan Perpustakaan Sekolah, Pustakawan Perpustakaan Khusus, Pegiat Literasi dan juga pemerhati perpustakaan. Acara ini juga dihadiri oleh para pakar perpustakaan, dan juga para Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah sejumlah 150 orang.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Bapak Prijo Anggoro BR, SH, MSi dengan menghadirkan nara sumber pertama Ketua Pengurus Pusat (PP)  Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Bapak T. Syamsul Bahri, ST.,M.Si yang menyampaikan materi mengenai Program Nasional revitalisasi Perpustakaan umum berbasis inklusi sosial. Dan nara sumber kedua Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Jawa Tengah Bapak Itmamudin, SS.,M.IP yang menyampaikan materi mengenai peran Jateng-Gayeng dalam mendukung pustakawan berkarya. Dan narasumber ketiga bapak Sulhan dari FIKOM-UGM yang merupakan seorang dosen dan menyampaikan materi Capacity Building bagi Pustakawan.

Dalam sambutannya bapak kepala dinas menyampaikan kepada para pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Tengah yang telah dikukuhkan untuk terus berkarya bersama-sama dan bersinergi dengan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca untuk Kesejahteraan Masyarakat. Lebih mendalam bapak kepala dinas menyampaikan bahwa tentang perlunya Pustakawan mempunyai  filosofi seperti magnet, yaitu jadikan perpustakaan itu seperti magnet yang dapat menarik semua masyarakat yang ada untuk mendekat, tanpa di gerakkan dengan kekuatan dari luar, namun masyarakat tersebut datang dengan kesadarannya sendiri, dengan sukarela dan ikhlas tanpa harus di oyak-oyak dan di dorong-dorong. Hal ini dapat terwujud apabila Pustakawan dapat mengemas perpustakaan sedemikian rupa agar menjadi magnet yang menarik hati para pemustaka. sebagai contohnya beliau menyampaikan perlunya pojok-pojok baca di tempat yang strategis seperti di tempat-tempat umum, dan tempat-tempat nongkrong bagi generasi milenial, dengan mengemas perpustakaan rasa Cafe. Sebelum mengakhiri sambutannya, bapak kepala dinas akan berjanji siap memfasilitasi kegiatan para pustakawan Jawa Tengah untuk melakukan berbagai kegiatan kepustakawanan di Jawa Tengah, sebagai bentuk tanggungjawab sebagai organisasi pembina Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Tengah.


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473746
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.