Dinas Arpus


Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program Kegiatan Tahun 2018

21 FEBRUARY 2018 TAUFNET UTAMA 181



        Perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Hal ini dimaksudkan agar perencanaan pembangunan daerah senantiasa konsisten, sejalan dan selaras dengan kebijakan perencanaan pembangunan dari Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, mengacu pada perencanaan nasional tersebut maka terjalin keterkaitan perencanaan dengan provinsi sehingga diharapkan ada kesinambungan program-program pembangunan dari tingkat pusat hingga daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan menyusun sebuah dokumen Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2018-2023 sebagai dasar untuk mengembangkan program dan kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan yang bertumpu pada Dokumen RENSTRA Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2023 oleh karena itu melalui Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan memandang perlu menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program/Kegiatan, sehingga tema yang akan kami usung dalam Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program / Kegiatan tahun 2018 adalah “Sinkronisasi Penyusunan RENSTRA Tahun 2018 – 2023 Kabupaten/Kota di Bidang Kearsipan dan Perpustakaan di Jawa Tengah” Sehingga diharapkan upaya menuju pelayanan publik yang optimal di bidang kearsipan dan perpustakaan di Jawa Tengah dapat terealisasi serta bersinergi secara bersama – sama.

         Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan Rakor Sinkronisasi Program / Kegiatan adalah : 

  • Untuk mengetahui arah kebijakan dan strategi yang ditempuh Pemerintah Pusat dalam rangka Penyusunan RENSTRA  Tahun 2018 – 2023
  • Untuk menyatukan langkah pengembangan kearsipan dan perpustakaan  antara pemerintah kab/kota dan provinsi melalui perencanaan program/kegiatan di Jawa Tengah.
  • Untuk menjalin sinergitas antara pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat di bidang Kearsipan dan Perpustakaan;

Kegiatan ini diadakan pada hari Senin dan Selasa 19 dan 20 Pebruari 2018 bertempat di Hotel Patra Jasa Semarang. Peserta Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program / Kegiatan Tahun 2018 berjumlah 92 orang terdiri dari Kepala dan Pejabat Perencana  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, pejabat eselon III di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Materi dan Penyaji dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program / Kegiatan Tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  • Kebijakan Strategis Nasional Kearsipan: “Arah Kebijakan dan Rencana Strategis ANRI dalam RENSTRA 2018 -2023” (Arsip Nasional RI)
  • Kebijakan Strategis Nasional Perpustakaan: Arah Kebijakan dan Rencana Strategis PERPUSNAS dalam RENSTRA 2018 -2023 (Perpusnas RI).
  • Paparan Program dan Kegiatan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Prov. Jateng Tahun Anggaran 2018 dan RENSTRA 2018-2023 (Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Prov. Jateng).
  • Peran Bappeda Provinsi Jawa Tengah dalam rangka “Penyusunan RENSTRA 2018-2023 Bidang Kearsipan dan Perpustakaan” di Jawa Tengah.
  • Peran Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah dalam rangka “Penyusunan RENSTRA 2018-2023 Bidang Kearsipan dan Perpustakaan”. 


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473800
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.