Dinas Arpus


Pengelola Perpustakaan Diminta Gabung Komunitas

29 NOVEMBER 2018 ANDREAS INFORMASI TERBARU 9



SEMARANG - Pengelola perpustakaan diminta gabung komunitas yang banyak ditemukan di media sosial maupun internet. Selain menambah ilmu pengetahuan baru, hal itu akan bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan. Melalui komunitas tersebut, pengelola juga bisa saling berkomunikasi atau bertukar pikiran demi kemajuan perpustakaan. Untuk pengembangan diri, mereka bisa juga ikut seminar terkait perpustakaan yang terkadang banyak diselenggarakan gratis. 

Demikian diungkapkan Pustakawan Ahli Utama, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng SP Andriani saat mengisi materi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Desa/ Kelurahan di Hotel Santika Semarang, kemarin. 

''Harus ada ilmu yang masuk, karena pengelola perpustakaan dituntut selalu berkembang. Mereka juga harus meningkatkan keahlian dalam bidang teknologi informasi, apalagi tantangan ke depan orang kecenderungan malas ke perpustakaan karena mereka bisa melihat buku lewat ponsel,'' jelasnya, Kamis (29/11). 

Menurut dia, desa sekarang ini juga mendapatkan dana besar dari Pemerintah Pusat. Sebagian kecil dana itu bisa dialokasikan untuk pengembangan perpustakaan. Seperti di Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, yang mengalokasikan dana pengembangan perpustakaan sebesar Rp 40 juta, di mana Rp 10 juta di antaranya untuk pengelola dan pegawai perpustakaan. Bimbingan yang berlangsung selama tiga hari, Senin - Rabu (27-29/11) ini dibuka Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng M Masrofi. 

Dalam sambutannya, Masrofi menegaskan, bimbingan teknis dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peserta dalam mengelola perpustakaan, sehingga pada akhirnya melahirkan pengelola yang profesional. Perpustakaan desa menjadi salah satu sumber belajar yang sangat penting untuk mendekatkan pada masyarakat melalui unit terkecil pemerintah desa. Masyarakat diharapkan juga bisa memanfaatkannya untuk menambah pengetahuan dan informasi. 

Sumber : suaramerdeka.com


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473800
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.