Dinas Arpus


Pemprov Jateng Sosialisasikan Hasil Kajian Bidang Kearsipan

17 SEPTEMBER 2019 ANDREAS INFORMASI TERBARU 165



Pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0, perkembangan TIK berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk juga di bidang manajemen kearsipan. Manajemen kearsipan memiliki peran penting dalam mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara dan pemerintahan yang baik dan benar serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kemajuan TIK dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pelayanan di bidang kearsipan meliputi pengelolaan arsip sejak tercipta, disimpan, dipelihara sampai dengan dilayankan kepada pengguna (user). Menghadapi era Revolusi Industri 4.0, suatu Instansi dituntut adanya kecepatan dalam pengambilan keputusan ditengah situasi disruptif, sehingga diperlukan ketersediaan arsip yang berisi informasi yang cepat dan tepat. Penyediaan arsip secara cepat dan tepat, tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi diperlukan keterampilan mengelola arsip dengan menggunakan teknologi informasi. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya perubahan “mind-set” dan “culture-set” serta pengembangan budaya kerja.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan pada Tahun 2019 melaksanakan kegiatan Pengkajian Bidang Kearsipan dengan tema “Pengelolaan Arsip Berbasis Teknologi Informasi Pada Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah”, dengan maksud untuk mengetahui sejauhmana LKD Kabupaten/Kota dalam melaksanakan pengelolaan arsip berbasis TIK sebagai tuntutan dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Pada tahun 2019 Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kajian bidang kearsipan bekerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dalam pengolahan data sampai dengan penyusunan laporan hasil kajian.

Narasumber dan Moderator Sosialisasi Kajian Bidang Kearsipan, terdiri dari :

Kepala Pusat Data Dan Informasi Arsip Nasional RI (Bpk. Widarno, SH. MH);

Tim Kajian dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (Bpk Teguh Wahyono, M.Cs);

Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Tengah (Bpk. Joko Pamungkas).

Dipandu moderator Dr. Alamsyah, M.Hum dari Universitas Diponegoro.

Peserta Sosialisasi, terdiri dari Kepala Lembaga Kearsipan Daerah dan Pejabat Struktural yang membidangi Pengelolaan Arsip Berbasis TI Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah sebanyak 70 orang;

Hasil pelaksanaan Sosialisasi Hasil Kajian Kearsipan diharapkan dapat memperoleh rekomendasi yang dapat dilakukan oleh LKD Kabupaten/Kota dalam melaksanakan pengelolaan arsip berbasis teknologi dan informasi, sesuai dengan perkembangan era globalisasi dan revolusi industri 4.0.


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473746
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.