Dinas Arpus


Mengungkap Kopi Di Jawa Tengah Melalui Arsip

24 OCTOBER 2019 ANDREAS KEGIATAN 78



Sebagai Perangkat Daerah (PD) Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi membantu Gubernur dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah memiliki khazanah arsip statis yang diperoleh melalui akuisisi arsip terdiri dari arsip tekstual, arsip foto, arsip film, arsip kartografi dsb, dengan kurun waktu dari tahun 1800 (Arsip Karesidenan Semarang) s.d. 2016 (Arsip Balitbang Provinsi Jawa Tengah). Khazanah tersebut perlu dikemas dalam suatu bentuk tayangan supaya masyarakat pengguna lebih tertarik untuk menikmati dan memanfaatkan arsip-arsip yang menjadi khazanah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melakukan penyelamatan arsip yang bernilai guna sejarah dan pertanggungjawaban akuntabilitas kinerja. Arsip-arsip tersebut terkelola secara tuntas dengan bukti adanya penyusunan inventaris, guide khazanah maupun naskah sumber arsip.  

Memasuki era Industri 4.0, pengguna arsip khususnya generasi milenial lebih tertarik menikmati informasi dalam bentuk digital, maka perlu adanya inovasi dalam penyajian informasi, antara lain  berupa tayangan.

Tersusunnya naskah sumber arsip dalam bentuk tayangan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas  pelayanan publik, yaitu memberikan kemudahan akses bagi pengguna dalam memanfaatkan arsip.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sebagai lembaga kearsipan daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan  kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Naskah Sumber Arsip ini dengan harapan memperoleh saran dan masukan untuk kesempurnaan pembuatan tayangan yang berjudul “Sejarah Kopi di Jawa Tengah”.

Sumber Daya Manusia bidang kearsipan antara lain: Arsiparis dan pengelola arsip sangat perlu meningkatkan profesionalisme dan kompetensinya, mengingat Arsiparis menjadi  penggerak agen perubahan dalam mentransformasikan ilmu kearsipan. Pada akhirnya melalui FGD diharapkan sumber daya manusia kearsipan dapat mengetahui dan memahami serta termotivasi melaksanakan penyusunan naskah sumber arsip dalam bentuk tayangan.


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473746
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.