Dinas Arpus


Arsip Adalah Identitas-ku

29 MARCH 2018 ANDREAS UTAMA 217



Semarang - Arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan mempunyai ciri khas masing-masing dari tugas pokok dan fungsi lembaga itu dibentuk. arsip dapat memberikan informasi autentik, utuh dan terpercaya sekaligus sebagai bukti akuntabilitas kinerja organisasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dan bahan bukti dalam kepentingan proses peradilan sebagai bentuk pertanggungjawaban nasional kepada generasi yang akan datang. Pagi ini, RRI (Radio Republik Indonesia) melakukan dialog bersama Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Muhamad Masrofi, S.Sos, M.Si dan Wakil Dekan I, Fakultas Ilmu Budaya Undip Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, M. Hum dengan tema "Arsip Adalah Identitas-Ku" di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Pasal 36 Undang - Undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa lembaga kearsipan menggiatkan sosialisasi kearsipan dalam rangka mewujudkan masyarakat sadar arsip.

Selain arsip pemerintahan /  organisasi terdapat juga arsip perseorangan. Arsip Keluarga dapat dikategorikan sebagai arsip perseorangan. Arsip keluarga bermanfaat sebagai bukti sejarah keberadaan suatu keluarga dan aktivitasnya. Dengan adanya bukti sejarah ini, generasi mendatang dapat memahami idenditas diri dan mengetahui siapa saja yang termasuk bagian dari saudara - saudara sedarahnya. Arsip Keluarga dapat berupa arsip tekstual maupun non tekstual. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan selalu mengingatkan betapa pentingnya pengelolaan arsip. Manfaat dalam pengelolaan arsip ini akan kita rasakan nanti apabila suatu saat kita membutuhkan arsip tersebut. apabila masyarakat sudah memiliki kesadaran dan pengetahun dasar dalam menyimpan arsip dengan rapi dan tertib, maka pengembangan kearsipan indonesia ditingkat pemerintahan dapat berjalan maksimal.

Dalam siarannya bersama RRI yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam, terdapat beberapa masyarakat yang ikut aktif bertanya melalui telepon maupun sms. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah mengenai legalitas dari arsip yang telah dilakukan alih media dalam bentuk digital apakah memiliki kekuatan hukum apabila tidak menunjukkan aslinya / sudah hilang. Menurut Kepala Dinas Arpus, arsip digital tersebut dapat dijadikan pembuktian kepada lembaga atau organisasi bahwa kita memiliki arsip tersebut. "Seperti halnya dalam mencari pekerjaan, jika kita lupa membawa ijazah aslinya, tetapi kita sudah memiliki hasil scannya, hal itu dapat menjadi bukti bahwa kita memiliki ijazah tersebut dan Setelah itu apabila sudah diterima, dapat kita tunjukkan ijazah yang asli," Ujar Masrofi. Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, M. Hum menyinggung bahwa pentingnya legalitas terhadap suatu arsip. Bagaimana caranya agar arsip digital tersebut memiliki kekuatan hukum.

Selain arsip, beberapa penanya menanyakan mengenai iJateng dalam hal koleksi buku digitalnya. Menurut Muhamad Masrofi, S.Sos, M.Si, untuk koleksi buku digital akan ditambahkan lagi pada tahun 2018 ini, karena untuk menambahkan buku digital harus melalui beberapa proses karena memiliki Hak Cipta. Sehingga setelah melalui proses ini, nantinya masyarakat dapat menikmati buku yang terdapat pada iJateng secara gratis. Layanan iJateng akan terus ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk membaca. Untuk cuplikan video dapat dilihat pada halaman facebook di dinasarpusjateng.

 


Gambar Lainnya

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

PROVINSI JAWA TENGAH

CONTACT

Jl. Dr. Setiabudi No.201C Semarang
Jawa Tengah

(024) 7473800
Copyright 2018. All Rights Reserved by Dinas Arpus.